Bengkel Bubut – Duren Sawit – Jakarta Timur

Jaya Stainless juga menawarkan jasa bubut dan pembuatan produk bubut (product machining) dengan harga yang kompetitif. Hub. (021) 861 3346, 0218660 4409 / mobile. 081310045708 (WhatsApp), 085624322818.

Company Profile

SIAPA KAMI ?

Jaya Stainless (PT. Bumi Mataritama) merupakan perusahaan fabrikasi berbagai peralatan stainless dan besi yang digunakan baik dalam industri makanan, pabrik, pembuatan kitchen set stainless, peralatan kantor dan alat rumah tangga lainnya.
Kami juga terbiasa menangani job konstruksi dari besi dan stainless seperti dalam pemasangan kanopi rumah minimalisrailing tangga stainless/besirailing balkon stainless/besipagar rumah minimalispintu gerbang rumahfolding gatepartisi meja kantormenara toren air, dsb.
Produk kami untuk industri makanan :
Stainless Equipment for Kitchen :
Stainless & Iron Equipment :
Stainless Steel Equipment for Hospital :

Bengkel Bubut Jakarta Timur, siap terima pesanan peroduk machining se-Indonesia

Bengkel bubut merupakan usaha yang menggunakan mesin bubut sebagai pealatan utamanya, bengkel bubut masuk kedalam kategori usaha perbengkelan atau permesinan yang sangat dikenal luas meskipun pada nyatanya didalam usaha ini bukan hanya menggunakan mesin bubut sebagai perlengkapan utamanya.

Jika kita mengacu pada kebutuhan pekerjaan logam maupun non logam seperti kayu dan plastik misalnya, peralatan yang digunakan hampirlah sama hanya saja berbeda dari segi kelas. Dan yang menjadi pokok pembahasan kami adalah bengkel permesinan logam, langsung aja yuk kita cari tahu definisi dan peralatan yang dibutuhkan dalam membangun usaha permesinan yang kita sebut dengan istilah bengkel bubut di bawah ini ;

PRODUK_BENGKEL BUBUT.jpg

Foto. Sample produk bubut/produk machining mesin bubutSebelum masuk pada pembahasan seputar peralatan dan pengelolaan bengkel bubut, ada baiknya jika kita mengetahui seperti apa market dari usaha bengkel bubut ini seperti berikut ini ;

  1. Perusahaan manufacture (pabrik)
  2. Perusahaan transportasi & perusahaan yang memiliki kendaraan bus dan truk
  3. Bengkel otomotif seperti bengkel motor, angkot, mobil pribadi, dsb
  4. Perusahaan alat berat
  5. Kontraktor mekanikal
  6. Perhotelan & restoran
  7. Industri plastik & moulding
  8. Semua pengerjaan dan pembuatan aneka peralatan berbahan logam

Dalam usaha bengkel bubut, peralatan dan mesin yang dibutuhkan sebagai perlengkapan penunjuang kerja berdasarkan pengamatan lapangan ternyata tidaklah terlalu banyak jika hanya sebagai usaha bengkel bubut rumahan saja seperti ;

  1. Mesin bubut
  2. Mesin bor
  3. Mesin las electric/gas
  4. Mesin potong
  5. Mesin asah pisau/grinda tangan
  6. Alat ukur dan alat bantu

Mesin Bubut

mesin bubut, jasa mesin bubut.jpg
Foto. Mesin bubut

Mesin bubut memiliki model yang sangat bervariasi mulai dari memiliki panjang 50 cm hingga berkisar 6 meter, dan dari yang mampu bekerja secara ringan hinga melakukan pekerjaan berat (heavy duty). Dan bagi anda yang sekiranya ingin merintis usaha bengkel bubut rumahan, mungkin anda cukup menggunakan mesin bubut dengan ukuran 1 meter.

Namun ada baiknya jika anda perlu memastikan kelengkapan dari mesin bubut tersebut, pastikan mesin bubut anda telah memiliki kemampuan dalam membuat ulir standar metric dan inchi.Dan bagi anda yang memiliki modal lebih baik, ada baiknya jika anda membeli mesin bubut baru karena biasanya mesin bubut bekas akan mengalami kekurangan kelengkapan.

Dan jika memang terpaksa dalam membeli mesin bubut bekas, yang pelu anda lakukan adalah mengecek alignment mesin bubut apakah masih baik atau tidak, dan untuk lebih amannya anda dapat mengajak operator mesin bubut yang telah memiliki pengalaman mengoprasikan mesin bubut agar dapat memberi masukan kepada kita sebelum membeli mesin bubut bekas.Yang harus anda perhatikan juga dalam membeli mesin bubut adalah konsumsi energi yang dibutuhkan mesin, karena untuk usaha rumahan akan lebih baik jika menggunkan energi dengan kisaran 0.75 kw – 2 kw sehingga jika kapasitas listrik yang tersedia hanya 6000 watt dapat dijalankan dengan baik.

Untuk harga dari mesin bubut sendiri ada dikisaran antara 15 hingga 50 juta rupiah tergantung pada type, model dan spesifikasi mesin bubut tersebut.Perlu anda ketahui jika terdapat hal mendasar pada mesin bubut berapasitas power diatas 1 kw, biasanya tegangaan pada mesin adalah 380 volt dan 3 phase, namun demikian untuk produk mesin bubut dari China sudah mulai ada yang berkapasitas 220 volt dan 1 phase sesuai dengan konsumsi listrik dari PLN di Indonesia. Namun jika tidak mendapatkan hal seperti ini, anda juga dapat melakukan rewinding motor dari mesin bubut agar memiliki tegangan pada angka 220 dan 1 phase.

pahat bubut.jpg
Foto. Aplikasi Pahat Bubut

MATA PISAU BUBUT.jpgPeralatan bantu dari pekerjaan bubut adalah pisau bubut dan alat ukur, untuk pisau bubut dibutuhkan peralatan grinda baik yang tetap maupun portable (grinda tangan) dan juga diperlukan mesin las gas untuk menyatukan mata pisau bubut dengan gagang pisau yang sering mengalami aus atau habis.jangka sorong.png

Alat ukur yang untuk pekerjaan bubut bisanya digunakan untuk mengukur diameter atau jarak dan panjang benda kerja, alat ukur ini jika ingin tahan lama dan terjaga kepresisianya dengan menggunakan peralatan yang berkualitas baik seperti merek Mitutoyo Jepang atau jika ingin yang murah meriah juga bisa menggunakan produk China, Taiwan atau India yang harganya hanya sepertiganya.

Sedangkan untuk pekerjaan yang cukup presisi, anda dapat menggunakan micrometer atau jangka sorong digital. Peralatan atau mesin pendamping untuk usaha bubut ini adalah mesin las, dalam hal “varian” mesin las  sangat beragam mulai dari harga di bawah 1 juta hingga puluhan juta rupiah.

Namun jika digunakan sebagai usaha bengkel bubut rumahan, yang sangat perlu diperhatikan adalah energi yang tersedia. Untuk menghemat ketersediaan power, hendaknya pilihlah mesin las dengan kapasitas power sedang seperti 200 ampere hingga 300 ampere dan usahakan menggunakan inverter agar ketersediaan power yang ada mencukupi juga menghemat energi. Namun jika untuk usaha pengelasan dengan katagori kerjaan konstruksi yang membutuhkan ampere pengelasan diatas 250 ampere, mungkin mesin ini bukanlah mesin yang tepat karena akan mudah mengalami kerusakan.

praktek-mesin-bor
Foto. Aplikasi mesin bor

Pada umumnya, disamping pekerjaan bubut dan las ada pekerjaan yang cukup melekat pada dua jenis pekerjaan tersebut yaitu pekerjaan bor (drilling), maka dari itu pekerjaan yang sederhana dapat ditangani langsung dengan dilengkapi mesin bor. Untuk mesin bor lebih baik jika anda membeli mesin bor dengan fungsi ganda, seperti mesin milling karena pada pekerjaan pembuatan shaft biasanya akan ada pekerjaan pembuatan lubang yang memanjang atau coakan seperti lubang spie pada shaft pompa atau shat yang lainnya.

Mesin ini berfungsi untuk membuat lubang dan mampu meratakan permukaan suatu benda kerja, mesin milling juga cukup bervariasi tetapi jika digunakan untuk bengkel bubut rumahan anda cukup menggunakan mesin ini dengan ukuran tidak terlalu besar sebagaimana mesin milling yang bisa dibuat untuk dies atau molding

cutting-metal-with-cutting-wheels-0.jpg

Agar pekerjaan di bengkel bubut rumahan ini dapat lebih efektif mungkin anda perlu melengkapinya dengan mesin cutting baik itu gergaji mesin untuk metal maupun cutting wheel, mesin ini memiliki harga yang cukup bervariasi tergantung pada merk dan ukuran, kisaran untuk usaha bengkel bubut sederhana adalah 1,5 juta hingga 4 juta. Jika dari segi peralatan yang telah disebutkan di atas dapat terpenuhi semua, maka kendala selanjutnya adalah masalah target pasar yang harus anda tentukan kedepannya.

KUNJUNGI KAMI DI

Jl. Pahlawan Revolusi No.22b, Pondok Bambu Jakarta Timur – 13430
T. 021 – 861 3346, 8660 4409, 8660 4413
P. 081310045708 (WhatsApp), 085624322818
SMS/Whatsapp. 0813 1944 9301 | BBM. 5A965F12
Bantuan cepat via email : bumata@gmail.com

BENGKEL BUBUT, JASA BUBUTHOUSE BEARING, JOINT COUPLE, BAUT ADJUSTING ROOD, ROLLER DRIVE, SPARE PART CONVEYOR, SPLINT GEAR / GEAR CATERPILAR,WORM GEAR, CUT OFF DAN SPARE PART MOULDING LAINNYA

Tinggalkan komentar